top of page

Penerapan Big Data


Pajak

Penerapan Big Data di sektor pajak, bisa meningkatkan pendapatan pajak negara. Kesadaran masyarakat terhadap wajib pajak masih kurang, hal tersebut membuat Ditjen Pajak tidak mampu memenuhi target seperti yang diharapkan. Dengan mengimplementasikan dan menerapkan Big Data ini Ditjen Pajak mampu mengambil data dari silsilah keluarga dan kemudian bisa mengetahui barang apa saja yang dimiliki.


Sektor Kesehatan

Setiap klinik, puskesmas ataupun rumah sakit menggunakan software yang berbeda dalam pencatatan pasien. Hal tersebut membuat data yang dikirimkan ke Dinas Kesehatan juga berbeda tergantung jenis software yang digunakan. Dengan penerapan Big Data ini semua informasi kesehatan bisa terpusat sehingga mudah diolah dan juga dianalisa untuk bisa mengetahui seperti apa kesehatan penduduk yang ada di Indonesia ini.

Transportasi

Big Data juga diterapkan dalam bidang transportasi. Kemacetan sudah menjadi hal yang tidak terpisahkan di kota besar Indonesia. Dengan data di GPS yang dimiliki oleh kendaraan warga kota bisa dilakukan konversi menjadi kecepatan, percepatan dan juga durasi berhenti. Selain itu juga dilakukan konversi yang lainnya. Data konversi tersebut bisa gunakan untuk memberikan rekomendasi kapan waktu terbaik untuk berkendaraan dan waktu buruk di perjalanan kepada masyarakat.


コメント


bottom of page